Cara Mudah mebuat menu di joomla 3.0 3.15

Written By Admin Web on Sabtu, 31 Agustus 2013 | 01.30


Menu pada Joomla 3.0 adalah link menu dibuat untuk ditampilkan pada website berdasarkan penempatan posisinya, misalkan link menu yang ditampilkan pada bagian depan (main menu), link menu yang ditampilkan pada bagian bawah (footer menu) atau link menu yang ditampilkan pada bagian samping (sidebar menu). Sedangkan item menu adalah beberapa link yang termasuk dalam menu yang berfungsi menghubungkan konten website, agar dapat ditampilkan pada halaman depan. Untuk membuat menu pada Joomla 3.0 yang ditampilkan pada website sesuai dengan posisi penempatannya sudah saya buat, anda bisa membacanya melalui link berikut : Menu Management Joomla 3.0 dan Cara Membuat Menu Pada Joomla 3.0.

Cara Mudah mebuat menu di joomla 3.0 3.15
Pada tutorial kali ini adalah panduan untuk membuat item menu dari kategori Tutorial Joomla yang sudah saya buat. Bagi anda yang belum mengerti anda bisa membaca post artikel sebelumnya tentang membuat kategori Tutorial Joomla melalui link berikut : . Setelah kategori dibuat, selanjutnya anda harus membuat item menu atas kategori tersebut agar halaman kategori beserta artikel yang terkait di dalamnya dapat ditampilkan pada halaman depan.


Pada tutorial ini saya akan membuat menu untuk kategori Tutorial Joomla yang sudah saya buat pada Main Menu. Untuk membuat item menu, anda bisa membuatnya melalui halaman Main Menu ataupun langsung dari top menu pada halaman administrator, klik link Add New Menu Item. Apabila anda membuat item menu dari halaman Main Menu, anda bisa membuatnya dengan cara klik button New. Untuk ilustrasinya melalui 2 gambar dibawah ini :
Details New Menu Items Joomla 3.0

Selanjutnya anda masuk ke halaman New Menu Item, halaman ini terdapat beberapa tab yang berfungsi untuk pengaturan item menu yang anda buat, yaitu Details, Advance Options dan Module Assignment for this Menu Item. Penjelasannya sbb :

Details : Pengisian field untuk item menu yang dibuat
Advance Options : Pengaturan halaman untuk item menu yang dibuat
Module Assignment for this Menu Item : Pilihan module yang ditampilkan untuk menu yang dibuat
Pada halaman ini terdapat field Menu Item Type yang berfungsi untuk menghubungkan item menu yang anda buat dengan konten ataupun komponen website yang sudah di instal pada website Joomla. Anda klik button Select, kemudian akan keluar pop-up yang berisi beberapa pilihan komponen website dalam bentuk accordion, seperti Contacts, Articles, Smart Search, Newsfeeds, Search, User Manager, Weblinks, Wrapper dan System Links. Untuk menghubungkan item menu yang akan dibuat dengan konten, anda klik Articles, kemudian muncul beberapa pilihan seperti : Archived Articles, Single Article, List All Categories, Category Blog, Category List, Featured Articles dan Create Article. Untuk ilustrasinya anda bisa lihat gambar dibawah ini :
Klik Category Blog untuk menampilkan halaman kategori dalam bentuk blog, saya memilih ini karena tutorial ini adalah membuat item menu untuk kategori Tutorial Joomla, saya memilih Category Blog dengan mengisi field lainnya bisa anda lihat pada gambar dibawah dan klik button Save untuk menyimpan, sedangkan untuk penjelasan field lainnya sbb :
  • Choose a Category : Pilihan untuk kategori
  • Menu Title : Judul item menu
  • Alias : Nama lain dari judul item menu
  • Status : Status item menu
  • Link : Link item menu (otomatis generate setelah dipilih kategori)
  • Menu Location : Lokasi item menu
  • Parent Item : Untuk pengaturan sebagai sub-menu
  • Ordering : Urutan item menu
  • Access : Akses item menu pada halaman depan
  • Default Page : Pilihan item menu sebagai halaman utama
  • Target Window : Pilihan item menu setelah di klik
  • Template Style : Pilihan penggunaan item menu untuk template
  • Language : Pilihan penggunaan bahasa
  • Note : Catatan untuk item menu
  • ID : ID untuk item menu (generate setelah di save)
Berikut ini adalah tampilan halaman kategori pada halaman depan website, setelah item menu untuk kategori sudah berhasil dibuat. Pada gambar ilustrasi dibawah ini terlihat, pada main menu sudah bertambah 1 link menu yaitu Tutorial Joomla dan pada halaman kategori Tutorial Joomla tidak terlihat konten/artikel, karena masih belum dibuat artikel untuk kategori tersebut.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Web Master | AFF Template | Web Design
Copyright © 2013. ALFUSOFTMEDIA - All Rights Reserved
Template Created by Web Master Published by web Design
Proudly powered by HTML 5